Jenis-jenis Definisi

Menurut KBBI de.fi.ni.si /définisi/ adalah (1) n kata, frasa, atau kalimat yang mengungkapkan makna, keterangan, atau ciri utama dari orang, benda, proses, atau aktivitas; batasan (arti). (2) n rumusan tentang ruang lingkup dan ciri-ciri suatu konsep yang menjadi pokok pembicaraan atau studi. (3) n El tingkat kejelasan (ketajaman dan kontras) gambar.

jenis jenis definisi


Ada beberapa jenis definisi, diantaranya adalah sebagai berikut:

Definisi Konotatif adalah definisi yang menyatakan secara tersurat tentang isi pengertian yang terkandung dalam istilah atau konsep yang didefinisikan. Isi pengertian adalah sifat atau sifat-sifat yang menjadi ciri utama dari makna yang terkandung dalam istilah atau konsep. Definisi konotatif terbagi menjadi dua kelompok, yaitu (1) Definisi Leksikal atau Definisi Kamus dan (2) Definisi Stipulatif.

Definisi Leksikal atau dikenal juga dengan Definisi Kamus adalah definisi yang menyatakan secara tersurat makna yang biasa digunakan khalayak ramai sehari-hari. Contohnya, mendidik adalah memelihara dan memberi latihan (ajaran, pimpinan) mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran. 

Definisi Stipulatif adalah definisi konotatif yang menyebutkan satu persatu atau menuntut syarat-syarat apa yang menjadi ciri dari konsep-konsep yang didefinisikan. Contohnya, Akademi adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan program pendidikan profesional dalam satu cabang atau sebagian cabang ilmu pengetahuan, teknologi, atau kesenian tertentu.

Definisi Stipulatif dibedakan menjadi dua macam, yaitu (1) Definisi Nominal dan (2) Definisi Perbaikan

Definisi Nominal adalah definisi konotatif yang memperkenalkan istilah-istilah baru dalam menyatakan konsep-konsep yang didefinisikan. Contohnya, sekolah yang menyelenggarakan pendidikan untuk anak-anak tuna rungu disebut SLB-B.

Definisi Perbaikan adalah definisi konotatif yang mengusulkan makna baru untuk istilah atau konsep yang sudah mempunyai definisi tertentu. Definisi perbaikan dibedakan menjadi tiga macam, yaitu (1) Definisi Deskriptif, (2) Definisi Operasional, dan (3) Definisi Teoritis.

Definisi Deskriptif merupakan penggambaran lebih lanjut dan rinci dari definisi leksikal. Misalnya, Pendidikan adalah usaha sadar untuk mempersiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan bagi perannya di masa yang akan datang.

Definisi Operasional definisi konotatif yang menggambarkan proses kerja atau kegiatan yang spesifik dan rinci yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang menjadi makna dari konsep yang didefinisikan. Misalnya, mengajar adalah rangkaian kegiatan guru menyusun persiapan program, berinteraksi dengan murid selama satu jam pelajaran atau lebih, melaksanakannya di kelas, dan mengadakan penilaian hasil belajar pada akhir jam pelajaran. 

Definisi Teoritis adalah definisi perbaikan yang menyatakan secara tersurat karakteristik yang tepat tentang sesuatu istilah atau konsep. Misalnya, mendidik adalah usaha orang dewasa membantu anak yang berlangsung dalam hubungan kewibawaan yang didasarkan pada rasa kasih sayang yang terjadi  di dalam lingkungan sosial tertentu untuk mencapai kedewasaan.

Definisi Denotatif adalah definisi yang menyatakan secara tersurat luas pengertian dari istilah atau konsep yang didefinisikan. Luas pengertian adalah hal-al yang merupakan bagian kelas dari konsep yang didefinisikan. Definisi denotatif dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu (1) Definisi Denotatif Lengkap, (2) Definisi Ostentif, dan (3) Definisi Demonstratif.

Definisi Klasifikasi atau definisi denotatif lengkap adalah definisi yang menyebutkan semua subkelas yang dinyatakan seluruhnya secara tersurat. Misalnya, pendidikan adalah bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan.

Definisi Ostensif adalah definisi yang menyebutkan contoh yang mewakili subkelas dan termasuk dalam luas pengertian dari konsep yang didefinisikan. Misalnya, landasan Sistem Pendidikan Nasional adalah Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan sebagainya.

Definisi Demonstratif adalah definsisi ostentif yang menyatakan contoh barang atau individu, atau peristiwanya. Misalnya, kepala sekolah yang baik adalah seperti apa yang dilakukan Arif Rahman sebagai Kepala Sekolah Laboratorium IKIP Jakarta.

Demikianlah berbagai jenis definisi, semoga bermanfaat.


Sumber:
Mudyahardjo, Redja (2001). Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar. Remaja Rosdakarya. Hal 10 - 12.

Salam EdTakrif

0 Response to "Jenis-jenis Definisi"

Post a Comment