Metode Pembelajaran Explicit Instruction

Explicit Instruction adalah suatu metode mengajar yang dirancang khusus untuk menunjang proses belajar siswa. Metode ini berkaitan dengan pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural yang terstruktur dan dapat diajarkan dengan pola kegiatan yang bertahap, selangkah demi selangkah. metode ini juga sering dikenal metode pembelajaran langsung atau Direct Instuction.
expicit instruction

Tahapan atau sintaks metode Explicit Instruction adalah sebagai berikut:
Tahap 1 : Orientasi
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, informasi latar belakang pelajaran, pentingnya pelajaran, dan mempersiapkan siswa untuk belajar.
Tahap 2 : Presentasi
Guru mendemonstrasikan materi pembelajaran, baik berupa keterampilan maupun konsep atau menyajikan informasi tahap demi tahap.
Tahap 3 : Latihan Terstruktur
Guru merencanakan dan memberi bimbingan instruksi awal kepada siswa.
Tahap 4 : Latihan Terbimbing
Guru memeriksa apakah siswa telah berhasil melakukan tugas dengan baik dengan memberinya kesempatan untuk berlatih konsep dan keterampilan, lalu melihat apakah mereka berhasil memberi umpan balik yang positif atau tidak.
Tahap 5 : Latihan Mandiri
Guru merencanakan kesempatan untuk melakukan instruksi lebih lanjut dengan berfokus pada situasi yang lebih kompleks atau kehidupan sehari-hari.

Sumber:
Miftahul, Huda. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran : Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Malang: Pustaka Pelajar. Halaman 187.

0 Response to "Metode Pembelajaran Explicit Instruction"

Post a Comment