ASEMFOLAT - ASEsmen FOrmatif realLime, menyenangkAn, dan akTif

Saya menceritakan pendekatan pendidikan yang saya terapkan di SD Negeri 1 Pendopo. Saya sangat menekankan betapa pentingnya menghormati setiap siswa dan memberi mereka kesempatan untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi mereka. Menurut saya, pendidikan bukan hanya tentang pengetahuan, tetapi juga tentang membentuk karakter dan kemampuan siswa untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat.

Saya membahas peran penting asesmen formatif dalam proses pembelajaran. Saya menjelaskan bahwa asesmen formatif bukan sekadar alat untuk mengukur pemahaman siswa, melainkan juga alat yang membantu guru mengidentifikasi kekuatan dan kebutuhan individual siswa serta mendukung penyesuaian pengajaran. Saya juga menggarisbawahi bahwa tes dan asesmen tradisional dapat menciptakan stres pada siswa, yang bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk pola pikir, tekanan naik kelas, kecemasan ujian, dan lainnya.

Salah satu tantangan yang pernah saya alami adalah jumlah siswa yang besar dan keterbatasan waktu untuk melakukan asesmen. Untuk mengatasi masalah ini, saya memutuskan untuk menggunakan alat asesmen yang dikenal sebagai "Plickers" yang berbasis QR Code. Alat ini memungkinkan siswa untuk terlibat dalam proses asesmen secara interaktif dalam waktu nyata. Dengan bantuan Plickers, saya dapat langsung menyampaikan pertanyaan asesmen kepada siswa, dan siswa menjawab dengan mengangkat kartu Plickers yang memiliki QR Code unik. Hasil asesmen kemudian muncul secara langsung di layar proyektor, sehingga guru dan siswa dapat melihat pemahaman siswa secara individu dan secara keseluruhan. Penggunaan Plickers meningkatkan efisiensi dalam pengukuran pemahaman siswa dan mendorong partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran.

Saya berencana untuk terus menggunakan Plickers dalam pembelajaran saya dan mencari cara baru untuk meningkatkan penggunaan alat ini dalam kelas. Pendekatan ini memberikan pengalaman pembelajaran yang menyenangkan, interaktif, dan mendukung asesmen formatif secara real-time, sehingga siswa dapat mencapai potensinya dengan lebih efektif.

Berikut Video Praktik Baiknya







0 Response to "ASEMFOLAT - ASEsmen FOrmatif realLime, menyenangkAn, dan akTif "

Post a Comment